welcome to my zone..

this blog is originally of me, there's no a copy of someone else's articles. and please, do not copy without permission before.

Thursday, August 18, 2011

Ketika Rasa Itu Memudar

Gue tau, kalian udah berprasangka buruk ke gue dengan berpikir kalo postingan gue kali ini adalah artikel cinta-cintaan. Salah.. Lo salah besar, gue justru lagi mau nulis artikel edisi religi. haha emang syahrini doank yang bisa ngeluarin album religi, gue juga bisa ngeluarin artikel religi.. huh #kibaskerudung #eeaaa

Cerita dimulai dari pagi tadi. Ga seperti biasa gue terlambat sahur. Gue bangun hampir jam setengah lima pagi. gue ga tau deh teriakan nyokap ke berapa yang berhasil membangunkan gue pada akhirnya. pokonya begitu turun tangga, dengan sempoyongan gue langsung menyambar segelas teh. meskipun saat itu teh nya ga disajikan pake mug kesayangan gue. yaudah, gapapa. ga sempet juga mau protes..


Gue langsung berlekas mengambil nasi dari magic jar, menyambar paha ayam dan sambel. ga pakai sayur asem. gue pikir waktu itu kalau pakai sayur gue makannya lebih lama, karna sambelnya langsung tercampur dan gue bakal kepedesan.

Ternyata gue salah, gue jadi susah menelan makanan saking keringnya. makan gue pun lebih lama, padahal biasanya udah lama. ditambah dengan teriakan ade-ade gue yang lagi asyik nonton bola Real Madrid lawan Barcelona yang tanpa sengaja udah memaksa gue untuk ikutan nonton. kebetulan sama kaya ade gue, gue pun dukung Real Madrid *ini dari dulu, bukan karna ikut-ikut ade gue, suwer* engga, gue ga ngerti bola, cuma gue seneng aja ama real madrid. kedengerannya kereeenn.. hahaha alasan yang tidak relevan..

Yah, lo tahu sendiri kalau stasiun Tv yang satu itu bahkan ga menayangkan adzan shubuh karna sedang menyiarkan pertandingan tersebut, jadi gue nyantai banget makannya. pas tiba-tiba ada tulisan warna hijau di pojok kiri atas layar tv "saatnya adzan shubuh" ade gue teriak "Mba Ina, adzan shubuh" mampus gue, saat itu gue langsung mengunyah lebih cepat dan gue paksa telan meskipun masih belum halus. gue mau minum, ga mungkin banget gue ga minum setelah makan sahur?! saat itu ade gue langsung mengambilkan gue air putih. dan ketika gue baru meminum setengah gelas, eeehhh.. tiba-tiba terdengar suara adzan dari masjid dekat rumah gue. ohhh.. yasudahlah.. gue minum dua teguk air putih, lumayan..

Setelah itu gue langsung ke kamar mandi untuk sikat gigi, cuci muka dan wudhu. tapi karna tadi gue ga sempat minum obat mag, seperti biasa asam lambung gue naik di pagi hari. gue mual banget. sampai akhirnya gue muntah. ohh bagus banget ini. gue udah kurang minum, pakai acara muntah segala pula..
ihh, rasanya gue pengen banget minuuumm.. banget, banget, banget.. gue jadi mikir, biasanya saat gue ga puasa gue itu paling jarang minum air putih, kadang males dan seringnya lupa.. gue jadi nyesel, kenapa selama ini gue ga syukur? gue bisa minum air putih itu khan nikmat, gue ga perlu nyari sumber air dulu, nimba di sumur, trus gue rebus. engga. gue cukup menekan keran dispenser lalu airnya keluar dan sudah bisa gue minum. tapi itu saja gue males?? di mana rasa syukur gue??

Sekitar pukul 8 pagi ternyata gue 'dapet' ya, biasa.. cewe.. ohh gue bahagia banget. akhirnya gue bisa minum. hahaha.. lalu gue minum dan ngemil, dua hal yang paling gue inginkan saat berpuasa. pukul 11 perut gue udah laper lagi, hehe. tapi gue males makan nasi, jadi gue buat mi goreng aja..

Sorenya setelah Ashar bonyok dan ade gue membaca Al-Qur'annya masing-masing. gue ngiriii. ngiri banget. karna gue bakalan ga bisa membaca Al Qur'an mungkin sekitar 1 minggu hingga 9 hari. gue jadi menyesal, karna diawal bulan Ramadhan ini gue memliliki target khatam membaca Al Qur'an hingga 3 kali, itu berarti dalam sehari gue harus membaca hingga 3 juzz. tapi setelah 4 hari puasa, target bacaan gue yang seharusnya sudah juzz 12, baru sekitar juzz 8. setara dengan dua juzz per harinya. akhirnya dengan sangat terpaksa gue menurunkan target gue, supaya lebh realistis..

Tiba di hari ke 12 bulan Ramadhan, kenyataannya gue ga bisa mencapai target yang sudah gue turunkan hingga 2 juzz per hari. tapi setaraf dengan satu juzz per hari. dan dengan berat hati lagi-lagi target gue turunkan. begitu seterusnya, intensitas dan grafik bacaan Al Qur'an gue terus menurun. awalnya memang karna banyak kegiatan sehingga waktu gue untuk membaca Al Qur'an sangat sempit, tapi kemudian karna semakin jarang membaca, lama-kelamaan gue menjadi malas, malaaass sekali. dan hingga hari ini, gue ga bisa membaca Al-Qur'an lagi untuk sementara, hingga mungkin nanti gue hanya bisa merasakan beberapa hari yang tersisa di bulan Ramadhan.  ya, gue menyesal. menyesal sekali. seharusnya gue sudah memperhitungkan hal seperti ini, gue seharusnya sekarang sudah 9 juzz diatas target, supaya gue ga kerepotan mengejar target yang sudah pasti akan susah gue kejar kalau gue bahkan ga bisa membaca Al Qur'an selama sekitar 7-9 hari. dan lagi-lagi gue merasa gue ga bersyukur. di saat gue longgar dan dalam keadaan available gue malah bermalas-malasan. itu bodoh sekali. dimana rasa syukur gue??

Setelah shalat isya dan shalat tarawih, seperti biasa diadakan pengajian di masjid dekat rumah. dan hari ini gue mengaji di teras masjid, karna gue memang sedang berhalangan. dan sialnya semua teman gue memang sudah lebih dahulu berhalangan, jadi hari ini gue benar-benar hanya satu-satunya remaja yang mengaji di luar masjid. di sekeliling gue para ibu-ibu yang disepanjang pengajian ribut ngerumpi dari A sampai Z, dari kecebong sampai dinosaurus, dari tukang sayur sampai nazaruddin. paraaahh.. gue ga bisa konsentrasi. di tambah para anak kecil yang asyik main di halaman masjid sambil berteriak, tertawa dan berlarian.

Hingga akhirnya ada seorang anak yang teriak sekencang-kencangnya hingga semua orang yang ada di masjid diam dan menoleh ke luar, tempat suara berasal. termasuk juga sang pengajar. anak itu berteriak-teriak histeris sambil guling-guling di puffing parkiran masjid. gue ga tau apa penyebabnya, yang jelas ini benar-benar puncak penderitaan gue mengaji di luar masjid. parah. sambil jongkok menahan sakit perut, gue ngiri melihat teman-teman gue yang ada di dalam masjid. mereka duduk di karpet, lurus dengan pengajar, konsentrasi meski sesekali gue lihat mereka mengobrol dan bercanda satu sama lain sambil menikmati maicih.

Aaaaaahhh... sebeeeelll.. biasanya gue ada diantara mereka. duduk nyaman di atas karpet, di bawah kipas dan lampu yang terang dan diantara teman-teman baik gue. tapi.. lagi-lagi gue sadar dan menyesal. ketika itu, dalam kedaan nyaman dan dapat mendengar suara pengajar yang jelas, bahkan dapat melihat wajah sang pengajar secara langsung tanpa harus terhalang tembok seperti sekarang, gue seringkali kurang memperhatikan. seringkali gue malah asyik ngobrol dan bercanda sama teman-teman gue. iiiihhh.. gue menyesaaalll.. kenapa gue ga memperhatikan materi pengajian saat itu, padahal kalau sedang berasa di luar seperti ini gue sama sekali ga bisa konsentrasi. bahkan untuk mendengar dengan jelas aja susah.. eerrgghhh.. lagi-lagi gue ga syukur saat itu. masjid tempat ngaji gue dekat banget dari rumah, ga perlu pakai ongkos dan bensin, gue cukup melewati 3 rumah, gue udah sampai ke pintu gerbang masjid. masjid tempat gue mengaji pun besar, nyaman, bahkan terbilang mewah. teman mengaji gue banyak, yang tentunya menambah semangat untuk mengaji. tapi apaa?? gue seringkali ga konsentrasi saat pengajian. bahkan malah terkadang gue malas datang ke pengajian.. arrgghh.. ghinaaa mana kesyukuran lo??!!

Sepulang mengaji, perut gue tambah sakit. sakiiiittt banget gue ga bisa membedakan ini kram perut karna sedang menstruasi atau mag gue kambuh. karna memang gue bahkan belum makan nasi hingga semalam ini. saat orang-orang berbuka puasa tadi gue cuma ikut makan kolak pisang aja. entah kenapa kalau ga puasa gue malah malas makan, padahal kalau lagi puasa gue ya tentunya sama seperti semua orang yang menjalankan puasa, yaitu menunggu-nunggu moment buka puasa.

Ya, dan lagi gue ngerasa rasa syukur itu memang sudah memudar dalam diri gue. kok gue ga syukur sih? di luar sana banyak banget yang ingin sekali makan nasi, tapi mereka ga punya, ga bisa makan.. gue bahkan ga harus masak nasi dulu, pakai dandang dan aronan kaya orang-orang zaman dulu. gue cukup menyendok nasi dari magic com. lauk pun sudah tersedia. tapi kenapa tinggal makan aja gue maless??? kalau puasa aja gue lapernya kaya apa, giliran ga puasa malah ga makan. apa itu yang namanya syukur??

Hah. parah.. sepertinya kita memang harus banyak merenungkan semua nikmat yang telah diberikan Allah ke kita. apapun itu, dari yang paling kecil hingga yang paling besar. itu semua nikmat, dan itu semua harus kita syukuri. karna kalau kita tidak bersyukur, dengan mudahnya Allah bisa segera mencabut kenikmatan-kenikmatan itu..

Ini bukannya gue mau sok tahu, menggurui atau sok-sok nasihat. gue juga paling ga mau sok-sok nasihat padahal gue sendiri ga bisa ngerjain. ini cuma share aja, guys.. segala sesuatunya itu seharusnya bisa kita syukuri. nah, makanya sekarang gue mau mengajak kalian agar kita sama-sama belajar bersyukur dengan apa yang telah kita punya, kita miliki dan kita dapat. dari yang terkecil hingga yang terbesar.. semoga kita bisa jadi ahli syukuuurr.. "alhamdulillah, yah.." *ala syahrini

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share with your friend!