welcome to my zone..

this blog is originally of me, there's no a copy of someone else's articles. and please, do not copy without permission before.

Thursday, December 22, 2011

Tampilan Baru Facebook ~ norak mode: on

Kemarin gue lagi iseng main ke profile facebook seorang teman, dan gue kaget banget, heran, takjub, dan antara percaya dan tidak percaya dengan penglihatan gue sendiri! lo tau apa yang terjadi?? tampilan profilenya baru! terlihat lebih keren, modern dan dinamis! ~ #eaaa lebai haha :D ~ dan  gue bertanya-tanya dalam hati apa gerangan ini? mengapa ini bisa terjadi??

dan akhirnya dengan noraknya gue bertanya pada teman-teman di forum twitter tentang kasus ini. seorang teman bilang katanya profilenya pun punya tampilan baru, tapi dia ga mau kasi tau gimana caranya! grrr.. awas kamu ya! tunggu pembalasanku!
dan ada seorang teman lagi yang tanya apa maksud gue itu adalah timeline? *lalu gue pun berpikir* timeline? iya sih, ada timelinenya. tapi bukan itu doank, postingannya tu berkotak-kotak dan ada foto besarnya kaya banner web gitu. tapi itu gimana ngejelasinnya ya??

setelah lama gue berpikir dan merenung tapi ga juga menghasilkan jawaban, akhirnya gue memutuskan untuk menengok kembali profile si mitil (temen gue jadi sumber kegalauan ini). dan setelah gue teliti dengan seksama dan lapang dada *eh* taunya ada tulisan di atas profilenya "get timeline" oh waw! akhirnya.. ini yang gue cari! bagai menemukan sebuah telaga di padang pasir yang tandus *tsah..*

setelah mengikuti beberapa perintah, kemudian gue klik aja "take a tour" dan si pesbuk pun menerangkan perubahan-perubahannya ke gue dengan sabar. dia bahkan ga marah-marah waktu gue baca sambil ngupil *eh*
lalu gue pun mengikuti beberapa perintahnya dan beberapa menit kemudian gue telah sibuk ngubek-ngubek hati kamu ~ eaa.. ~ ngubek-ngubek profile gue maksudnya haha.


dan tarraaa...  inilah hasil investigasi gue..

  • ada covernya! *itu tuh yang ada foto gede gue kembar 4*gue ga tau juga ya kenapa dia nyebutnya cover, tapi yang jelas ini yang gue sebut seperti banner web tadi.

  • semua terlihat di satu halaman.  mulai dari tentang kita, teman-teman kita, ke mana/di mana kita pernah check in atau bertempat/map (ini bisa juga berdasar foto tag kita). lalu beberapa page yang kita "like" dan notes juga terpampang di halaman ini. memang hanya thumbnailnya saja seperti yang kita lihat di atas *di bawah photo cover*

  • ini tampilan semua teman yang kita miliki. ga beda jauh ya?

  • ini tampilan foto-foto kita, baik album sendiri maupun foto tag dari teman. ini juga terlihat sama saja ya dengan yang lama?

  •  ini tampilan map yang menunjukan di mana saja kita pernah berada (hanya yang pernah di-tag, termasuk foto tag) terdapat juga jumlahnya.

  •  ini tampilan kumpulan page yang pernah kita "like" berdasar kategorinya

  •  ini adalah tampilan notes. baik yang kita tulis, yang teman tag ke kita maupun tulisan yang masih berupa draft

  • postingan atau kegiatan kita terkotak-kotak dan terlihat lebih rapi
 

  • nah, kalau mau memperbesar atau menyembunyikan post atau activity tertentu tinggal hover/sorot ke sudut kanan atas post, maka akan tampak gambar bintang dan pensil. untuk memperbesar pilih bintang, untuk menyembunyikan/hapus pilih pensil.

  • beginilah tampilan jika post/activity tertentu diperbesar.. untuk mengembalikan ke ukuran semula cukup klik tanda bintang kembali.

  • yang paling hebat nih, seluruh  aktivitas ataupun kejadian yang menimpa kita (yang tercatat di facebook)  diurutkan mulai dari pertama kita lahir!
ini bisa ditambahkan foto bayi kita, tapi sayangnya foto bayi gue udah pada ga ada :(
  •  tercatat juga kelahiran saudara-saudara (yang tercatat dalam sibling) yang lahir setelah lo



  •  dan termasuk tahun kelulusan sekolah kita. disini bisa lo tambahkan jurusan, foto maupun cerita singkatnya loh :)
  

  •  terdapat pula catatan saat kita pertama kali join dengan facebook. kelihatan juga loh siapa teman pertama kita di facebook :D

  • daaann.. yang membuat tampilan baru ini lebih memuaskan yaitu terdapat activity log, di mana lo bisa melihat seluruh aktivitas lo secara detail dan berurutan. nah asiknya, activity log ini hanya lo sendiri yang bisa melihat. jadi cukup terjamin yah privacy-nya.
1: kita dapat mengecek postingan sesuai bulan yang kita pilih 2:semua aktivitas diurut berdasarkan tanggal 3:kita dapat melihat langsung detail aktivitas kita (spt. komentar, foto dll) tanpa harus membuka halaman lain
kita juga dapat mengecek aktivitas kita di tahun-tahun yang duluuuuuu banget. semenjak kita pertama kali punya facebook
nah jadi kita bisa nostalgia foto-foto kegiatan kita maupun komen2 atau status kita dengan teman-teman dulu.. hihi
waaahh.. ini suatu bukti kalo dulu gue pernah semulus ini! hahaa *sekarang gue ada jerawatnya :'(
heheh ketawan bawelnya ya gue? dalam sehari bisa komen ke mana aja tuh? :D
oh my god, ternyata gue pernah mengalami fase alay juga -__- tapi itu juni 2009 deh ya, jaman dulu itu belom alay.. haha
  • finally, kalau lo udah ngerasa cocok dan puas ngubek-ngubek profile baru lo bisa langsung klik "publish now" di bagian atas. atau kalau masih ada yang ingin diubah lagi lo masih punya kesempatan selama 7 hari untuk mengotak-atik (terhitung sejak lo klik "get timeline" pertama kali). setelah itu profile lo baru akan berubah. nah selama 7 hari itu, perubahan sementara yang lo buat ga akan terlihat orang lain. oh ya, kalau masih belum mengerti kamu bisa minta ajarin ulang dengan mengklik "restart tour"


oke, ulasan gue udah cukup detail dan paaaaaanjang lebar, so gue anggep aja lo udah ngerti yah. ini mata gue udah cape! jam 1 malem gilaaa.. *sengaja begadang buat nyiapin surprize untuk nyokap, karna besok adalah hari ibu :D*
see ya, guys!

4 comments:

facebook kelewatan said...

setujuh banget gw.. kao facebook norak dan bikin pusing

Unknown said...

eh bukan itu maksud gue, maksud gue yang norak mode: on itu gue. gue norak banget ngeliat tampilan facebook yang baruu.. hehe ;p

endanesia said...

he he ... tapi timeline bikin pusing ngeliatnya.. rame banget

Unknown said...

haha tapi khan lumayan bisa majang foto yang lebih besar.. wahahahaa *narsis.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share with your friend!