welcome to my zone..

this blog is originally of me, there's no a copy of someone else's articles. and please, do not copy without permission before.

Sunday, November 20, 2011

Negara Adidaya Berlomba Menanam Pengaruh di ASEAN


“United an Rising” atau “Bersatu dan Bangkit” lewat wawancara satu-satunya stasiun televisi negri terhadap menkominfo Tiffatul Sembiring kemarin malam, kini saya paham betul arti dan maksud diangkatnya tema tersebut pada Sea Games dan ASEAN Summit tahun 2011 ini. Pasalnya pekan lalu, sebelum dimulainya ASEAN summit ini, terselenggara pula KTT APEC pada tanggal 12-13 November 2011 di Honolulu, Hawaii. kongres ini dipimpin oleh  Presiden AS Barack Obama terhadap npersatuan negara-negara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. sebelumnya, di Prancis juga diadakan pertemuan negara-negara maju dan berkembang G-20 yang selesai pada tanggal 4 November 2011 yang juga termasuk Indonesia.
        seperti kita ketahui, saat ini Eropa sedang mengalami krisis ekonomi yang kini bahkan telah merambah ke bidang politik dan sosial. terbukti dengan digantinya perdana mentri Yunani dan terjadinya kerusuhan di beberapa wilayah negara-negara Eropa, bahkan di negara Inggris yang selama ini dikenal tertib dan aristokrat. tak berbeda dengan yang  sedang dialami Eropa, Amerika Serikat pun saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah karna hutang-hutangnya yang sudah semakin membengkak, bahkan terjadinya PHK besar-besaran. kedua poros kekuatan dunia ini sedang dilanda kebingungan dan mencoba mencari alternatif solusi yang kiranya dapat memulihkan kekuatan mereka lewat kedua pertemuan tersebut.
        Dan tepat disaat itulah ASEAN Summit ini diadakan. seperti angin segar, kedua poros itu pun kini mengalihkan perhatiannya pada ASEAN yang
kini tampak sedang membangun kekuatan baru dengan kekompakan dan kerjasama politik yang stabil.
        Tak hanya mereka, rupaya sang calon negara adidaya baru yang tampaknya mulai melangkah untuk menjadi pesaing bagi Amerika karena pertumbuhan ekonominya yang justru kini sedang melesat, yaitu China, kini pun tak ingin kalah menanamkan pengruhnya pada ASEAN.
       Seperti dilansir beberapa headline surat kabar Amerika beberapa hari lalu, presiden Barack Obama menyatakan bahwa Amerika tidak takut dengan ancaman China. *tapi dari sudut lain pernyataan tersebut justru scara tidak langsung menyiratkan bahwa sbenarnya Amerika memang merasa trancam ya dengan keberadaan China sebagai kekuatan baru, terutama di kawasan Asia*
       Nah, Persatuan negara-negara Asia Tenggara alias ASEAN ini dipandang sebagai sebuah persatuan solid yang memungkinkan akan menjadi sumber kekuatan barukelak. untuk itu China dan Amerika pun kini tampak bersaing memperebutkan dukungan ASEAN sbagai salah satu pnyokong mereka masing-masing. terlihat jelas dengan keinginan kerjasama keduanya serta tindakan Amerika yang membangun markas militer baru di Darwin, Australia yang secara geografis berdekatan dengan wilayah ASEAN (selatan). tentu hal ini mengundang persepsi bahwa Amerika sedang membangun kekuatan di sekitar ASEAN untuk mengatasi kehawatiran terhadap pengaruh China yang lebih besar karna letak geografisnya yang lebih dekat.
        namun, perdana mentri China menyangkal bahwa dirinya sedang bersaing dengan Amerika dalam membangun kerjasama dengan ASEAN. karna menurutnya China dan Amerika memiliki visi yang berbeda. menurutnya China menjalin kerjasama dengan Asean demi kesjahteraan negaranya dan negara-negara ASEAN (trus maksudnyaa si Ame ini tujuannya apaaa?? heheh nyindir yah?)
Nah, namun tampaknya gelagat ini sudah tercium oleh para petinggi ASEAN. seperti dinyatakan Presiden SBY sebagai ketua KTT ASEAN tahun ini dalam pidatonya, ASEAN hendaknya bisa bersatu dan menjalin kerjasama lebih baik lagi sehingga dapat memiliki kekuatan tersendiri yang tidak terpengaruh oleh pihak-pihak lain. dengan begitu kondisi ekonomi negara-negara ASEAN pun akan lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh krisis yang sedang terjadi di Amerika dan Eropa. itulah mengapa Sea Games kali ini mengangkat tema ‘United and Rising’. karna diyakini dengan bersatunya negara-negara ASEAN menjadi lebih solid, negara-negara ASEAN akan dapat bangkit menjadi negara-negara yang tangguh dan tidak lagi hanya menjadi follower negara-negara super power, yang ketika mereka mengalami krisis maka kita pun akan turut terpuruk. dengan terbentuknya kekuatan tersendiri itu diharapkan kita tak hanya dapat tetap berdiri kokoh di tengah krisis global, tapi kita justru dapat membantu memulihkan keadaan ekonomi dunia.
            Betapa tidak, dengan potensi kekayaan alam dan budaya dan terutama 600 juta jiwa yang dinaungi ASEAN serta kondisi politik yang relati stabil, bukan tidak mungkin ASEAN bisa menjadi sumber kekuatan baru di wilayah asia dan dunia. jika saja ASEAN dapat menjadi sebuah persatuan negara yang solid. maka, marilah negara-negara asean, kita bersatu dan bangkit! united and rising!  .gsa.
^ dunia lebih indah tanpa plagiat dan lebih berwarna tanpa copast ^

2 comments:

Aji Supeno Bagus Syam said...

Nice Blog, ASEAN harus Bersatu (United and Rising) jadi Nusantara

Unknown said...

terima kasih :)
yap, meski kekalahan semalam memang menyakitkan tapi sudah seharusnya kita bertindak sportif dengan menerimanya. jadikan ini motivasi untuk lebih maju, bukan celah untuk memperlebar perselisihan kita dengan negri sebrang. UNITED and RISING!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share with your friend!